Cara Membuat Keripik Kaca Asli

Beledag Singkong
Cara membuat keripik kaca sebenarnya sangat mudah. Prosesnya pun hanya membutuhkan sinar matahari langsung. Keripik kaca atau keripik beling, atau keripik belings juga ini terbuat dari 90% singkong dan 10% air putih.

Sehingga dalam pembuatannya murni singkong. Nah untuk membuat keripik singkong atau keripik kaca, atau keripik beling, sangat mudah. Hanya prosesnya butuh terik sinar matahari langsung.

Mula-mula kita siapkan singkongnya terlebih dahulu. Singkong siapkan 5 kg ini akan menjadi keripik kaca sebanyak 1 kg. Kenapa bisa menyusut? Karena proses pembersihan turun menjadi 90%, proses pencucian dan pemerasan menjadi 80%, proses pencetakan menjadi 70% dan proses penjemuran atau pengeringan menjadi 50% itulah mengapa keripik kaca saat sudah siap konsumsi menjadi lebih mahal dari singkong.

Singkong di setiap daerah memiliki perbedaan harga yang jauh. Ada yang menjaual Rp 3.000,- per-1 kg ada pula yang menjual Rp 1.000 per-1 kg. Tergantung kondisi kebun di setiap daerah. Bahkan ada pula yang menjual singkong di angka Rp 5.000 per-1 Kg.

Kemudian keripik kaca yang sudah jadi dan mengering dilakukan pemotongan dengan gunting. Setelah digunting dalam bentuk persegi, atau segitiga. Keripik kaca dijemur ulang hingga benar-benar kering seperti kerupuk. Agar dalam proses pemasakan akan menjadi lebih kriuk ini menjadikan komposisi yang awalnya 50% menjadi 45% karena kadar air menguap.

Nah seperti itulah proses cara membuat keripik kaca, atau keripik beling, atau beledag singkong, atau opak. Butuh keripik kaca di daerah Cirebon, Kuningan, Indramayu, Ciamis, Majalengka, Indramayu, Bandung, Tasikmalaya, Jakarta, Riau, Pekanbaru, Bekasi, Karawang, Banjar, bisa telepon 0895635615552, atau wa 08888-3010-91.


Sumber : CirebonOnlineShop.com

Comments